July 8, 2020 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / Modification / Daihatsu All New Xenia: Xenia Bertenaga Listrik Pertama

Daihatsu All New Xenia: Xenia Bertenaga Listrik Pertama

0

Era mobil listrik rupanya sudah semakin dekat. Selain ramah lingkungan juga sangat hemat di bahan bakar. Banyak upaya dilakukan berbagai instansi maupun individu untuk menciptakan mobil berkekuatan listrik ini. Seperti yang dilakukan salah satu bengkel mobil di Surabaya yang sukses menyulap Daihatsu All New Xenia 2012 menjadi mobil listrik.

Ialah Widyakarsa Soewono pemilik bengkel Duta Jaya Mobil, yang terletak dikawasan Raya Rungkut Madya Surabaya. Pria 50 tahun ini mengganti mesin standar All New Xenia dengan batere dan motor penggerak berkekuatan listrik.

Ruang mesin diisi dengan motor penggerak dan battere

Ruang mesin diisi dengan motor penggerak dan battere

Motor penggerak utamanya adalah motor merek Golden berdaya 8 KW 72 volt yang dibeli dari China. Motor ini mampu mengeluarkan output tenaga 10 HP di 4000 rpm. “Horse Power pakai yang besar karena mobil ini bobotnya lebih berat. Apalagi kalau nanti ada penumpangnya,” jelas Aling, sapaan akrab Widyakarsa.

Karena menggantikan mesin asli, pemasangan motornya ditaruh di ruang mesin dengan dibuatkan dudukan dari plat besi. Lalu dihubungkan langsung dengan penggerak standar dari mobil.

Menggunakan pedal gas khusus agar mobil bisa berakselerasi sesuai ijakan pedal gas

Menggunakan pedal gas khusus agar mobil bisa berakselerasi sesuai ijakan pedal gas

Motor penggerak motor penggerak punya controller yang bisa diremapp input/output tenaganya via PC atau laptop

Motor penggerak motor penggerak punya controller yang bisa diremapp input/output tenaganya via PC atau laptop

Batere yang dijadikan sumber kekuatan adalah merek LiFePO4 berjumlah 96 keping yang berkekuatan 72 volt 200 ampere. “Butuh power besar makanya ukuran baterenya cukup besar. Jadi dibagi tempat peletakannya, masing-masing di diruang mesin dan di belakang,” ucap Aling.

Meskipun bertenaga listrik jangan diremehkan. Mobil yang menghabiskan biaya riset Rp 100 juta ini bisa digas hingga 100 km/jam. Sedangkan jarak tempuhnya menurut Aling diperkirakan tembus 150 km lebih.  Sayangnya, untuk lama pengisian ulang batere dari posisi kosong sampai penuh dibutuhkan waktu 20 jam dengan charger 10 ampere. “Butuh riset lagi bagaimana pengisian ulang dengan waktu yang cepat,” imbuh Aling. [ET]

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.