April 18, 2024 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / News / EDDY TURBO: PERAWATAN RINGAN TURBO

EDDY TURBO: PERAWATAN RINGAN TURBO

0

Penggunaan turbo pada mesin mobil tidak segampang yang dipikirkan. Justru dengan adanya turbo sebagai peningkat daya mesin, perawatan turbo sendiri mesti jadi perhatian khusus. Salah penanganan justu akan menjadi bumerang. Dibutuhkan trik-trik khusus agar kerja turbo bisa maksimal dan awet. Terutama untuk pengguna turbo yang newbie alias masih baru.

Kondisi jeroan turbo harus sehat tidak boleh ada kerusakan sedikitpun

Kondisi jeroan turbo harus sehat tidak boleh ada kerusakan sedikitpun

Aris Suhendy, pemilik Eddy Turbo yang spesialis servis turbo mengatakan bahwa yang utama adalah perlakuan turbo itu sendiri dan “service turbo juga harus berkala,” jelasnya. Berikut beberapa tips ringan dari Eddy Turbo tentang  perawatan turbo :
* Turbo harus di service sesuai rentang waktu yang direkomendasikan.
* Gunakan selalu oli yang sesuai atau direkomendasi untuk mobil tersebut
* Periksa setiap kebocoran oli yang terjadi di sekitar turbo
* Panaskan mesin beberapa saat, tunggu temperatur oli mesin mencapai suhu kerja optimal sebelum menggenjot pedal gas dalam-dalam untuk mengaktifkan turbo. Jangan memainkan pedal gas, karena kemungkinan lubrikan komponen turbo belum sempurna. Sebaliknya, biarkan mesin idle beberapa saat sebelum mesin dimatikan. Bila mesin dimatikan seketika, maka pasokan oli mesin ke turbo otomatis terhenti, sementara turbo masih berputar dengan kecepatan tinggi. Ini bisa menciderai bearing. Pada mesin-mesin dengan teknologi turbo terbaru, biasanya sudah dibekali dengan turbo timer.
* Terakhir, saat turbo anda bermasalah selalu pilihlah bengkel yang ahli dalam perawatan turbo
“Salah bengkel ada kemungkinan kerusakan justru semakin parah dan dana yang dikeluarkan semakin banyak,” ujar Aris mengingatkan.

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.