August 7, 2020 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / News / Eddy Turbo: TURBO BOCOR OLI HABIS

Eddy Turbo: TURBO BOCOR OLI HABIS

0

Banyak pemilik mobil yang mesinnya sudah dilengkapi turbo mengeluh ke beberapa bengkel mesin termasuk bengkel resmi. Yaitu soal berkurangnya volume oli mesin dengan sendirinya.
Namun setelah beberapa kali dicek atau diperiksa penyakitnya tidak kunjung sembuh. “Saat oli di kuras, yang harusnya misalkan 4 liter atau 5 liter, hanya ada 3 literan atau 4 liter. Yang 1 liter hilang. Kalau berkurang 100 sampai 150 mililiter tergolong normal,” beber Alim, pemilik bengkel Alim Service di kawasan jalan Pogot 90, Surabaya.
Akhirnya oleh Alim ternyata kebocoran oli terletak di seputar turbo mobil. Tampak di bagian intake yang menuju ruang bakar. “Bisa dilihat atau diraba jika turbo bisa terjangkau, bagian intakenya akan terasa basah karena oli. Itu tandanya telah terjadi kebocoran di bagian dalam turbo. Karena pelumas turbo menggunakan oli mesin mobil,” jelas Alim.
Agar masalah terselesaikan turbo harus dilepas untuk di repair atau di rekondisi di spesialias repair turbo. “turbo sudah dibelah akan diketahui dimana penyakitnya. Bagian mana yang menyebabkan bocor,” terang Aris Suhendy, pemilik bengkel Eddy Turbo yang spesialis reparasi turbo di jalan Kawi, Surabaya.
Menurut Aris hal ini terjadi karena turbo kurang perawatan. “Kebocoran banyak terjadi di sil-sil turbo karena penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spek mobil. Atau b karena usia turbo yang sudah terlalu lama. Bisa kok direpair lagi agar turbo kembali normal,” imbuh Aris. ET

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.