October 22, 2020 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / News / Eddy Turbo: Tips Pilih Turbo Second Wajib Teliti Luar Dalam

Eddy Turbo: Tips Pilih Turbo Second Wajib Teliti Luar Dalam

0

Turbo kian diminati. Tapi tidak semua penggila kecepatan mampu membeli turbo baru. Wajar karena tambah lama harga peningkat performa ini semakin mahal.
Turbo baru saja harganya bisa diatas 12 juta. Alhasil turbo second yang seharga 3 sampai 4 jutaan jadi rujukan. Namun tidak segampang membalik telapak tangan untuk bisa mendapatkan turbo second dengan kondisi bagus.
Wajib memperhatikan beberapa hal sebelum anda membeli turbo copotan. Aris pemilik Eddy Turbo Surabaya bengkel spesialis servis turbo menyarankan untuk teliti sebelum membeli. “Yang jelas harus diteliti mulai bagian luar hingga dalam turbo,” jelasnya.
Yang pertama wajib diperhatikan adalah bagian luar turbo. Amati pada dinding sekitar turbin dan blowernya. Apabila terdapat ceceran oli sudah dipastikan turbo tersebut rusak karena mengalami kebocoran pada silnya.
Jika tidak terdapat oli pada dinding turbin dan blower tadi bisa dilanjutkan menelitinya dibagian blowernya. Goyangkan as blower kekanan dan kekiri. Turbo dengan kondisi bagus mempunyai spilling yang sangat sedikit.
Lalu periksa juga celah (gap) antara kipas blower dengan dinding blower. Paling aman dengan menggunakan fuller. “Ukurannya yang masih layak pakai harus dibawah 2 mm,” jelas Aris. Caranya, masukkan saja fuller ukuran 2 mm ke dalam celah-celah antara dinding dan blower. Jika bisa masuk berarti kipas blower sudah aus. Efeknya tenaga yang dihasilkan nantinya tidak sempurna.    Hal yang sama juga harus dilakukan pada kipas turbin.
Kini giliran bagian dalam turbo. Setelah dibongkar, perhatikan as turbinnya. Jika ada perbedaan warna dengan batang asnya pertanda as sudah mulai aus. Bandingkan dengan as yang masih bagus kondisinya.
Kemudian perhatikan kondisi kipas blower maupun turbin. Jika dari luar memang tidak tampak. Tapi begitu turbo dibongkar akan terlihat jelas apakah kipas masih bagus atau sudah rusak.
“Dari kerusakan-kerusakan tadi, sebenarnya turbo bisa dipakai lagi asal harus direkondisi total. Dengan rekondisi plus balancing yang benar turbo bisa kembali seperti baru. Sekedar mengingatkan, jika baru beli turbo copotan jangan langsung dipasang di mobil. Periksa dulu kondisinya,” saran Aris yang alamat bengkelnya di jalan Kawi Surabaya. ET

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.