August 7, 2020 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / News / AWAS TURBO BOCOR BISA SEBABKAN MESIN TERBAKAR

AWAS TURBO BOCOR BISA SEBABKAN MESIN TERBAKAR

0

Seperti ulasan sebelumnya soal turbo bocor yang kerap membuat oli mesin berkurang. Kini kebocoran turbo ternyata bisa membuat mesin mobil anda mengeluarkan banyak asap dengan suara mesin yang tinggi. Bahkan lama-kelamaan bisa menyebabkan mesin terbakar.

Kejadian itu bisa terjadi pada mobil yang sudah dilengkapi dengan turbo dan intercooler. Berawal dari kebocoran turbo yang mengakibatkan oli mesin keluar melalui paking dan sil turbo ternyata tersedot hingga masuk ke intake intercooler. Nah, hal inilah yang tidak disadari oleh pemilik mobil maupun mekanik bengkel.

“Mekanik bengkel banyak yang melepas turbo yang bocor untuk direpair. Tapi tidak melepas intercooler dan pipingnya untuk dibersihkan. Padahal oli yang tersedot ke intercooler akan menumpuk dan menjadi kotoran. Jika kondisi turbo sudah sehat setelah direpair. Oli yang menumpuk di intercooler tadi akan tersedot kembali dan masuk ke ruang bakar,” jelas Aris Suhendy, pemilik Eddy Turbo.

Dan hasilnya tentu saja sudah bisa diduga. Akan timbul asap putih sangat banyak keluar dari knalpot sebagai sisa pembakaran akibat oli ikutan terbakar. Sedangkan injector mesin akan ‘terkontaminasi’ dengan oli tadi sehingga mesin akan maraung-raung dengan sendirinya walaupun kunci kontak sudah dimatikan. “Besar kemungkinan mesin akan jebol dan silinder head bisa pecah,” jelas Aris.

Ada baiknya saat melepas turbo untuk direpair, lepas juga intercoolernya untuk dibersihkan. Nah, bicara masalah turbo yang bocor memang butuh perhatian khusus. Pasalnya tidak hanya sekedar mengganti part-part yang sudah aus dengan repair kit, tapi beberapa komponen penting turbo harus dibalance ulang terutama pada bagian cartridge turbo dengan mesin balance khusus cartridge. “Dan alat balance itu hanya kita yang punya. Balancing cartridge akan sangat berpengaruh pada daya tahan dan performa turbo itu sendiri,” terang Aris. ET

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.