August 7, 2020 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / News / Waspada Serbuan Turbo Buatan Cina

Waspada Serbuan Turbo Buatan Cina

0

Beberapa tahun belakangan ini turbo buatan Cina menyerbu Indonesia. Harga yang sangat murah membuat turbo jenis ini ramai diperjualbelikan. Perbandingan harga dengan turbo bermerek macam Garret atau HKS terpaut cukup jauh.

Menurut info harga jual turbo buatan Cina kira-kira Rp 2 – 3 jutaan, bandingkan dengan turbo merek Garret atau HKS yang diatas Rp 10 jutaan.
Nah, bagaimana dengan kualitasnya ? Tentu saja harga menentukan kualitas. Turbo Cina bisa dibilang adalah home industri. Kapasitas produksi dalam sehari bisa ratusan unit. Bahan baku yang dipakai juga bukan yang berkualitas. Quality Control (QC) nya agak diabaikan.
Alhasil implementasinya di kendaraan kerap menemui kendala. “Akan terlihat saat turbo terpasang dan mesin mobil dinyalakan. Akan terjadi banyak kendala. Mulai kinerja turbo yang tidak bisa maksimal hingga terjadi kebocoran oli yang cukup parah,” jelas Alim, dari Alim Motorsport yang kerap menangani mobil dengan turbo bermasalah.
Alim yang bengkelnya ada di kawasan Pogot, Surabaya ini mengatakan perangkat turbocharger yang dari awalnya punya komponen yang kurang bagus mau direpairpun akan tetap tidak bisa maksimal. “Balancing turbin dan asnya juga tidak akan bisa sempurna. Apalagi saat berputar pada RPM tinggi bisa langsung bengkok,” bebernya.
Lebih baik hindari beli turbocharger buatan Cina. Jangan tergiur harga yang murah daripada menyesal. Di artikel berikutnya akan kita ulas habis perbedaan antara turbo asli (bermerek) dengan turbo Cina.
Ditunggu ya… ET

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.