September 28, 2022 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / News / Waspada Gejala Turbo Rusak

Waspada Gejala Turbo Rusak

0

Turbocharger adalah piranti penambah tenaga yang mulai banyak disematkan pada mobil keluaran baru. Namun sama dengan part lainnya, turbocharger juga mempunyai usia dan bisa rusak kapan saja.

Nah, pengguna mobil yang sudah dilengkapi turbo juga harus waspada dan mengenali kondisi saat turbocharger mengalami kerusakan.

Pertama adalah apabila muncul suara mendenging tinggi saat mobil berakselerasi. Itu adalah suara dari turbocharger yang besar kemungkinannya ada banyak kotoran yang masuk dan menghambat kerja part turbo (compressor wheel). “Kalau dibiarkan bisa merusak blade atau bilah-bilah pada turbo,” terang Aris Suhendy, owner Eddy Turbo, bengkel spesialis reparasi turbo Surabaya.

Selanjutnya, muncul asap hitam pekat dari knalpot. Itu bisa terjadi karena oli sil dari turbo mengalami kebocoran. Sehingga oli ikut masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar.

Lalu yang terakhir dan paling parah adalah apabila kejadian shaft patah karena putaran turbocharger yang sudah tidak balance. Jika dipaksa piston dan part lainnya akan ikut bermasalah. Kalau sudah gejala ketiga ini terjadi segera tepikan mobil anda. Dan segeralah ganti unit turbocharger dengan yang baru. ET

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.