July 22, 2024 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / News / Rekondisi Turbo, Reblading Dan Daya Tahannya

Rekondisi Turbo, Reblading Dan Daya Tahannya

0

Ternyata masih banyak yang bertanya ke admin, sebenarnya servis atau rekondisi turbo itu diapain saja ? Kenapa gak beli atau ganti baru saja ? Daya tahannya berapa lama ?

Nah, sebenarnya hal ini sudah pernah kita ulas beberapa waktu lalu. Tapi tidak ada salahnya kalau kita remainding lagi. Sebenarnya rekondisi turbo untuk otomotif adalah opsi lainnya dari pada mengganti dengan turbo baru. Alasannya simple karena biaya rekondisi jauh lebih murah dibanding harus beli baru.

Turbo yang asli punya harga di atas Rp 20 jutaan. Untuk rekondisi mulai dari Rp 1 jutaan tergantung jenis rusaknya. Salah satu contoh dari kegiatan rekondisi turbo adalah reblading turbine shaft.

Apa itu reblading turbine shaft? Reblading adalah melakukan rekondisi pada salah satu bagian penting turbo yaitu turbine shaft agar bentuk dan ukurannya kembali normal. Karena pemakaian yang kontinyu membuat bentuk dan ukuran turbin shaft mengalami keausan pada permukaannya. “Dan hal itu sangat mempengaruhi performa kerja turbocharger,” terang Aris Suhendy, owner Eddy Turbo, spesialis repair turbocharger Surabaya.

Pasalnya menurut Aris kecepatan putaran turbo atau rpm turbo sangat dipengaruhi oleh gap (clearance) antara turbine blade dan cover ring. Tidak sesuai sepersekian millimeter saja sudah sangat mempengaruhi performa turbocharger.

Nah, bagaimana rekondisi turbine shaft itu secara detail? Rekondisi shaft jika memang bladenya tidak terlalu parah bias dilakukan dengan pengelasan argon. Tentunya dengan tenaga ahli yang berpengalaman. “Tingkat kesulitannya sangat tinggi. Karena bentuk dan aerodinamika blade harus tetap terjaga,” jelas Aris. Namun jika sudah terlalu parah, diharuskan mengganti dengan turbine blade yang baru.

Setelah dilakukan rekondisi blade atau reblading tadi, diharuskan di balancing ulang agar pergerakan bladenya sempurna. Terutama untuk turbine shaft pada turbocharger tipe VTR dan Napier yang menggunakan ball bearing.

Untuk daya tahannya, selama bahan yang digunakan kualitas bagus dan pengerjaannya sempurna tentu daya tahannya akan sama dengan turbo asli. Ditambah lagi turbo yang direkondisi adalah turbo asli dan bukan yang murahan. ET

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.