April 16, 2024 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / Uncategorized / Begini Cara Kerja Blow Off Pada Mesin Mobil

Begini Cara Kerja Blow Off Pada Mesin Mobil

0

Sebelum membahas bagaimana cara kerja blow off pada mesin mobil yang sudah dilengkapi turbo, kita bahas dulu apa fungsi dari blow off.

Blow off valve ini fungsi utamanya membuang udara terkompresi (boost) ke atmosfer pada saat pedal gas diangkat/ditutup. Jadi blow-off valve sebagai jalur pembuangan dari sisa boost yang dihasilkan turbo menuju throttle body. Blow-off akan terbuka untuk melepas sisa tekanan udara yang terjebak dan menghasilkan bunyi ‘cusss’.

Sebuah blow off valve biasanya bekerja melalui lubang kecil pada dibuat di intake manifold. Ketika tekanan di dalam intake manifold positif yang berarti sedang dalam udara bertekanan, maka tekanan tersebut menyebabkan blowoff vlave tertutup. Tetapi jika throttle di lepas, maka mesin akan menghisap udara terakir, yang menyebabkan negative pressure atau bisa disebut kondisi hampa udara (vacuum). Blowoff valve tersebut tahu bahwa pasukan udara sudah ditutup dan itu menyebabkan blowoff valve melepaskan tekanan sisa yang ada diantara kompresor dan intake manifold (fastnlow.net)

Blow off valves sangat penting untuk kendaraan yang menggunakan turbocharger, tetapi biasanya digunakan pada kendaraan yang bertransmisi manual, karena ketika kita mengangkat throttle disaat kita memindahkan gigi (shifting) turbo masih memiliki kecepatan berputar dan boost respons- nya masih ada.

Pada mobil balap, blow off ini sangat vital untuk mengantisipasi rusaknya shaft dr turbo ataupun hancurnya turbo menjadi berkeping-keping disaat pembalap melepas throttle setelah burnout ataupun setelah mobil tersebut mencapai garis finish. ET (Dari berbagai sumber)

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.