October 26, 2021 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / News / Cara Merawat Turbo Pada Mesin Diesel

Cara Merawat Turbo Pada Mesin Diesel

0

Turbo pada mesin diesel termasuk yang minim perawatan. Cukup dengan mengganti oli yang sesuai dengan standar pabrikan tepat waktu sudah jadi langkah jitu agar turbo awet.

“Karena kualitas oli sangat penting buat pelumasan turbin dan baling-baling turbo. Telat mengganti oli atau menggunakan oli yang jelek kualitasnya akan membuat part turbo cepat aus,” terang Aris Suhendi, pemilik Eddy Turbo bengkel spesialis reparasi turbo Surabaya.

Namun ada Langkah-langkah lain yang tidak kalah penting dalam merawat turbo pada mesin disel. Setelah mobil digunakan, mesin jangan langsung dimatikan. Tapi tunggu saat mesin sudah dalam kondisi idle atau stasioner.

Begitu juga sebaliknya, saat pertama menyalakan mobil jangan langsung tancap gas, karena turbo masih butuh waktu untuk pelumasan maksimal.

“Secara teknis, saat mobil habis digeber apalagi dengan intensitas tinggi, mesin jangan langsung dimatikan. Karena begitu mesin dimatikan secara otomatis oli akan berhenti bersirkulasi sedangkan turbin turbo masih berputar tinggi dan masih butuh pelumasan. Turbo akan cepat rusak. Sedangkan mengganti turbo baru butuh biaya diatas Rp 15 jutaan,” jelas Aris.

Menurut Aris paling aman adalah dengan memasang turbo timer pada mobil disel. Saat kunci kontak pada posisi off, mesin masih tetap menyala selama beberapa menit lalu akan mati dengan sendirinya. Hal ini sangat membantu untuk para pengguna mobil disel yang kerap lupa untuk tidak buru-buru mematikan mesin mobil.

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.