October 26, 2021 +62 31 531 6313, +62 31 534 0659info@eddy-turbo.com, eddyturbo@ymail.com Best viewed in resolution 1024x768 or more
Article
Home / News / Turbo Mobil Anda Akan Awet Jika Sering Lakukan Hal Ini

Turbo Mobil Anda Akan Awet Jika Sering Lakukan Hal Ini

0

Di era sekarang, mobil menggunakan turbo sudah bukan hal yang luar biasa. Bahkan nyaris semua pabrikan sudah menyematkan turbo pada mobil produksi baru mereka. Berharap dengan kapasitas mesin yang kecil namun ditambah turbo akan menghasilkan tenaga yang besar namun dengan tetap hemat bahan bakar.

Nah, akan tetapi masih banyak pengguna mobil dengan mesin turbo yang kurang paham bagaimana memperlakukan mesin turbo secara benar yang berdampak bisa merusak mesin mobil atau perangkat turbo itu sendiri. “Padahal biaya untuk servis atau penggantian perangkat turbo itu tidak murah,” terang Aris Suhendi, pemilik bengkel Eddy Turbo spesialis reparasi dan rekondisi turbo Surabaya.

Contohnya saat setelah melakukan perjalanan jauh. Mobil yang sudah dilengkapi turbo haram untuk mematikan mesinnya secara langsung. Harus didiamkan dulu dalam kondisi idle atau stasioner beberapa saat baru boleh dimatikan.

Tujuannya untuk memberi jeda waktu untuk turbin turbo berputar normal dan mendinginkan (cooling down) keong turbo setelah beroperasi saat mesin aktif. “Karena Sehabis perjalanan jauh turbo bekerja cukup berat dan menghasilkan panas. Dengan kondisi mesin idle juga akan membantu pelumasan pada bagian dalam turbo sehingga gejala jamming atau turbo macet bisa dihindari,” jelas Aris. ET

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.